Senin, 13 April 2015

Media Pembelajaran ( Belajar Online)

A. Belajar Online 
Hasil gambar untuk belajar online
Belajar Online juga dkenal sebagai electronic learning atau e-learning, merupakan bagian dari e-learning yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer atau internet. Sumber materi ini berbasis Web yang bisa diakses dari internet dijaringan lokal atau internet. Selain itu materi juga tidak harus didistribusikan secara online tapi bisa berdistribusi secara offline menggunakan media CD/DVD. Dalam hal ini siswa bisa menghimpun informasi buka hanya dari buku saja, melainkan dari berbagai sumber melalui Cyber Space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Di dalam belajar online banyak manfaat yang diperoleh misalnya:
a.       Berbagi hasil penelitian, penelitian yang dilakukan seseorang dapat bermanfaat oleh orang lain, saling berbagai hasil penelitian mencegah terjadinya penelitian serupa.
b.      Menjadikan sumber ilmu atau Perpustakaan Online, memukinkan siswa/mahasiswa dapat mengakses ke sumber ilmu dengan mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu.
c.       Kelas Online, aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga pendidikan jarak jauh seperti Universitas Terbuka.
d.      Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja , bisa menghemat waktu dan biaya, serta standar materi pun trejamin dengan baik.
B.     Keuntungan dan keterbatasan belajar online
·         Keuntungan
a.       Media yang bervariasi, internet merupakan sarana yang serbaguna dalam mengakses informasi, situs-situs internet berisi media yang bervariasi, termasuk audio, grafik, animasi, video dan lain-lain.
b.      informasi yang up-to-date, siswa dapat mengakses perpustakaan dan database dengan baik diluar batasan local, ini memperluas cakrawala.
c.       navigasi, dengan menekan tombol pada mouse, pengguna dapat mencari dokumen diberbagai lokasi tanpa memindah komputernya.
d.      bertukar ide , para siswa bisa berdialog dengan temannya dalam sebuah permasalahan yang sedang dibahas.
e.       komunikasi yang nyaman, memugkinkan siswa untuk bernagi gagasan dengan siswa yang lain dengan nyaman.
f.       biaya murah
·         keterbatasan
a.       materi yang tidak pantas , tidak cocoknya materi untuk siswa sekolah ,iklan tembakau dan akohol di internet yang bersamaan dengan siswa yang mencari informasi.
b.      hak cipta, karena informasi mudah diakses maka seorang siswa harus secepatnya mendownload sebuah berkas dan dapat mengerjakan tugas tanpa susah payah.
c.       pendukung, dukungan teknis harus tersedia, agar jaringan pada komputer tidak cepat rusak atau mati.
d.      akses, baik dalam sistem tertanam atau nirkabel, pengguna harus memiliki cara untuk menghubungkan ke jaringan.
C.     Jaringan Komputer
Jaringan Komputer yang berhubung satu dengan yang lain. Dalam jaringan komputer terdapat komputer server dan computer klien. Apabila computer server dihubungkan dengan internet dapat berfungi sebgai getway. Di sebut gatway karena computer server tersebut merupakan gerbang/jalur yang digunakan computer klien untuk mengakses internet. Dengan jaringan ini mempermudah siswa mengakses informasi. Jenis-jenis Jaringan computer yaitu:
a       LAN ( Local Area Network), adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung sekolah atau perkantoran. computer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat pada gedung sekolah atau perkantoran. LAN memukinkan menggunakan sumber daya ( misal printer) secara bersama-sama. computer yang berhubungan dengan LAN biasanya hanya berjarak beberapa puluh meter.
 Hasil gambar untuk lan
b.      MAN ( Metropolitan Area Network), adalah jaringan yang menghubungkan beberapa gedung sekolah yang letaknya berdekatan. misalnya gedung A dapat berbagi data dengan gedung B.
 Hasil gambar untuk metropolitan area network
c.       WAN (Wide Area Network), jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah Negara atau Benua.
 Hasil gambar untuk Wan
d.      Nirkabel, Teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya seperti infla merah pada remote TV, dan gelombang radio seperti Bluetooth pada computer dan ponsel dengan frekuensi tertentu.
 Hasil gambar untuk nirkabel
e.       Internet, jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. orang yang terhubung ke internet berarti terhubung computer diseluruh dunia. internet menjadi alat komunikasi dan sumber informasi yang handal. Untuk mengakses informasi tanpa biaya, kecuali biaya akses untuk membeli sebuah ISP, ISDN dan DSL. Selain itu untuk dapat mengakses internet harus mempunyai alamat internet, berikut ini salah satu contoh e-mail:
adechhh merupakan nama pemilik, @yahoo, merupakan dominan name dan .com merupakan alamat komersial.
gambar jaringan internet.
 Hasil gambar untuk internet
·         Tujuan penggunaan internet
Internet yang kita gunakan mempunyai beberapa tujuan anatar lain:
1)      untuk promosi atau iklan
2)      untuk mencari teman
3)      untuk mencari informasi
4)      untuk mengirim surat
·         Dampak Positif dan Negatif
a.       Dampak Positif
§  Konektivitas dan jangkauan global
§  Dapat diakses 24 jam
§  Interaktifitas dan fleksibel
b.      Dampak Negatif
§  Pelanggaran hak cipta
§  Cybercrime ( tindakan kejahatan yang dilakukan seseorang menggunakan sarana computer.
§  Penyebaran virus komputer
§  Pornografi, perjudian, dan penipuan
§  ketergantungan pada jaringan telepon, satelit, dan ISP

D.    Word Wide Web ( Web)
WEB merupakan dokumen-dokumen internet yang disimpan dari server-server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen Web dibuat dengan format hypertext dan hypermedia, yaitu hypertext markup language (Html). Html mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen ke dokumen lain. Para pengguna internet untuk mengakses harus memasukan dulu alamatnya atau URL. Setiap situs dalam internet memiliki alamat yang unik dan khas, contohnya :
Http merupakan protocol transfer yang dipakai, www menunjukan host tersebut mendukung WEB, mtv adalah nama yang dituju, com adalah nama domain, music path yang akan dicari dan index.html adalah dokumen yang akan ditampilkan oleh browser dalam format HTML.
E.     Intranet
Intranet adalah gabungan antara internet dengan jaringan atau LAN. Intranet banyak digunakan diperusahaan menegah atas. Teknologi intranet sangat baik digunakan dibeberapa perusahaan, sekolah dan kantor, dapat digunakan secara bersama-sama (1 intranet digunakan oleh lebih dari 1 orang user). Pengguna yang besar dalam intranet harus mengakses internet public melalui firewall, yang mempunyai kemampuan untuk menangani pesan yang datang dan pergi dan menjaga keamanan yang utuh.
 
·         Kelebihan Intranet
a.       Menjadi alat bantu meningkatkan perkembagan dan pertumbuhan produk industry
b.      Mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi
c.       Banyak keuntungan karena suksesnya WEB memukinkan pengguna yang luas yang menggunakan internet.
·         Manfaat untuk sekolah
a.       Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajarn disekolah lebih mudah.
b.      Memberikan siswa lebih banyak informasi dan tanpa membuang waktu yang banyak.
c.       Membantu mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek professional perpustakaan di Negara maju ditingkat sekolah.
F.      Keamanan
Untuk berpartisipasi dalamberkomunikasi melalui internet termasuk dalam menggunakan e-mail, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu :
a.       Hindari memberikan detail tentang identitas kita.
b.      Ingat bahwa kita tidak bisa melihat secra langgung orang yang kita ajak komunikasi.
c.       Hindari membalas/merespons pesan yang bersifat membujuk.
d.      Berhati-hatilah dalam membuat janji untuk bertemu.
e.       Berhati-hatilah dalam membuka attachment dari sebuah e-mail.


Daftar Pustaka


Pandia, Henry. 204.Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Pandia, Henry.2004.Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 3 SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
Setiawan, Agung. 2004. Pengantar sistem Komputer. Bandung: Informatika.
Sudiantoro. Modul Pembelajaran TIK SMA/MA Kelas XI. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo: Dinas Pendidikan.
Supriyanto, 2008. TeknologiInformasi dan Komunikasi 1 SMP VII. Jakarta :Yudhistira.
Teknologi Jaringan Intranet  (Wikipedia).



0 komentar :

Posting Komentar